Anda berada disini:Beranda»Artikel»Kebutuhan Nutrisi Gizi Ibu Hamil Yang Harus Dipenuhi

⚠️ Jadwal Poliklinik harian dapat dilihat di Story Instagram atau Facebook

Kebutuhan Nutrisi Gizi Ibu Hamil Yang Harus Dipenuhi

16.01.2018
RS Meilia
2334

Asupan gizi ibu hamil menjadi faktor penting baik untuk pemenuhan nutrisi ibu hamil atau pun untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Bahkan, dapat mengurangi risiko penyakit kronis pada anak Anda di masa mendatang. Yuk, simak daftar asupan gizi ibu hamil yang harus dipenuhi berikut ini.

Tubuh Anda akan mengalami banyak perubahan fisik dan hormon di masa kehamilan. Dalam hal ini, asupan gizi ibu hamil akan memengaruhi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang di masa kehamilan agar bayi terlahir sehat. Nutrisi yang tepat sangat membantu tumbuh kembang buah hati Anda. Kebutuhan nutrisi yang dimaksud bukan dalam hal porsi makan, di mana Anda “makan untuk dua orang". Namun lebih dari itu, Anda memerlukan lebih banyak nutrisi, seperti mikronutrien dan makronutrien, untuk mendukung kesehatan Anda serta janin. Mikronutrien adalah komponen makanan yang meliputi vitamin dan mineral. Sedangkan makronutrien adalah nutrisi yang mengandung kalori atau energi seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

Daftar Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Pemenuhan Gizi Ibu Hamil

Kebutuhan setiap jenis nutrisi di masa kehamilan tentu berbeda dengan kebutuhan nutrisi saat tidak hamil. Pada masa kehamilan, perlu adanya tambahan 300 kalori terutama di trismester kedua dan ketiga. Kebutuhan harian ibu hamil adalah kalsium sebanyak 1000-1200 miligram, folat sebanyak 600-800 mikrogram, dan zat besi sebanyak 27 miligram.

Berikut daftar kandungan nutrisi yang dibutuhkan di masa kehamilan:

  • Protein. Protein berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel atau jaringan, termasuk sel otak pada janin. Protein juga membantu pertumbuhan jaringan payudara ibu hamil, serta berperan penting dalam meningkatkan suplai darah dalam tubuh. Para ahli merekomendasikan 75 sampai 100 gram protein per hari. Adapun sumber protein terbaik untuk ibu hamil meliputi daging sapi tanpa lemak, ikan, boga bahari, daging ayam, daging domba, tahu, dan kacang-kacangan (kacang merah, kacang polong).
  • Karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber kalori yang penting bagi ibu hamil. Makanan sumber karbohidrat terbaik yang bisa Anda konsumsi antara lain nasi, kentang, sereal, pasta, sayuran dan buah.
  • Kalsium. Tak hanya menguatkan tulang dan gigi Anda, kalsium juga berguna untuk membangun tulang dan gigi janin. Selain itu, kalsium membantu tubuh mengatur cairan, membantu kerja fungsi saraf dan kontraksi otot. Kebutuhan kalsium harian sekitar 1000 miligram selama kehamilan. Sumber kalsium terbaik ada di susu, keju, yoghurt, ikan sarden atau salmon, dan bayam.
  • Folat. Kandungan nutrisi yang dikenal sebagai asam folat ini berperan penting dalam mengurangi risiko cacat lahir, termasuk cacat tabung saraf pada janin yang memengaruhi otak serta sumsum tulang belakang janin. Contoh cacat lahir lainnya seperti spina bifida dan anencephaly. Kebutuhan asam folat harian di masa kehamilan adalah 600 sampai 800 mikrogram. Adapun sumber asam folat bisa Anda dapatkan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, hati sapi, buah jeruk, stroberi, lemon, mangga, dan tomat.
  • Zat Besi.  Zat besi membantu meningkatkan volume darah dan mencegah anemia. Asupan harian yang ideal di masa kehamilan adalah 27 miligram. Sumber zat besi bisa didapatkan pada lobak, sayuran hijau seperti bayam, selada, kubis, biji-bijian, roti, sereal, dan havermut. Kandungan zat besi pada daging sapi dan boga bahari juga baik untuk gizi ibu hamil.

Kebutuhan Vitamin Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi

Asupan vitamin juga menjadi kebutuhan gizi ibu hamil yang harus dipenuhi. Adapun vitamin yang diperlukan di masa kehamilan meliputi:

  • Vitamin A untuk kesehatan kulit dan mata serta pertumbuhan tulang. Sumber vitamin A antara lain wortel, sayuran hijau, dan umbi-umbian.
  • Vitamin C untuk kesehatan gigi, gusi, dan tulang, serta membantu penyerapan zat besi. Sumber vitamin C antara lain buah sitrus, brokoli, tomat.
  • Vitamin B6 untuk pembentukan sel darah merah, untuk efektivitas manfaat protein, lemak, dan karbohidrat. Vitamin B6 bisa didapat dari sereal, biji-bijian utuh seperti gandum, dan buah pisang.
  • Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf. Sumber vitamin B12 adalah daging, ikan, dan susu.
  • Vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi serta membantu penyerapan kalsium. Sumber vitamin D antara lain susu, sereal, dan roti.

Dokter kandungan Anda akan memberikan vitamin sebelum kehamilan untuk dikonsumsi setiap hari, serta pilihan menu makanan sehat yang harus Anda konsumsi. Jadi, konsultasikan hal ini pada dokter kandungan atau bidan Anda. Terlebih jika Anda seorang vegetarian, mintalah saran terkait menu makanan serta nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

Tak hanya penambahan menu makanan, kehamilan juga dapat berdampak pada masalah makan. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:

  • Makan pagi setiap hari. Jika sulit untuk makan pagi baik karena mual atau morning sickness yang dialami, cobalah makan roti gandum saat bangun tidur. Sertakan pula buah, oatmeal, sereal, serta susu rendah lemak atau yoghurt.
  • Makanlah makanan berserat tinggi dan perbanyaklah asupan cairan, dari air putih atau pun jus buah, serta rajin berolahraga untuk mencegah konstipasi.
  • Terapkan pola makan sehat dengan menu sereal gandum, sayuran, buah, dan kacang-kacangan.
  • Hindari makanan pedas dan berlemak, terlebih jika Anda menderita penyakit maag. Disarankan makan dengan porsi kecil namun sering. Serta hindari berbaring setelah makan.
  • Hindari mengonsumsi minuman beralkohol, kafein, minuman bersoda, ikan dengan kandungan merkuri tinggi.

Jangan ragu mengonsultasikan pemenuhan gizi ibu hamil kepada dokter kandungan untuk mendapatkan sumber vitamin dan mineral yang tepat. Kesehatan ibu hamil juga turut menyokong kesehatan janin yang dikandungnya.

Populer Artikel

Kanan Mid

Statistik

Today40
Yesterday465
This week997
This month5793
Total928264